Validitas Isi dan Trianggulasi Metode

Berikut merupakan contoh Validitas Data PTK menggunakan Validitas Isi dan Triangulasi Metode pada skripsi penulis sebagai berikut :

E.     Validitas Data
Untuk menjamin validitas data dan pertanggungjawaban yang dapat dijadikan dasar yang kuat untuk menarik kesimpulan, maka yang digunakan untuk memeriksa validitas data yaitu dengan validitas isi dan teknik trianggulasi.
Validitas isi mencakup sejauh mana bentuk tes yang digunakan dalam penelitian ini sudah sesuaikah dengan silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V (Lampiran 3, hal 153) yang dikonsultasikan dengan observer.
Sedangkan teknik triangulasi
yang digunakan yang sebagai validasi  keaktifan atau aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran adalah triangulasi metode, yaitu dengan cara :
1.  Data aktivitas siswa selama proses pembelajaran diperoleh dengan observasi lalu dicek dengan dokumentasi yang meliputi hasil kerja siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan foto proses pembelajaran. Apabila dengan teknik pengujian tersebut dihasilkan data yang sama, maka data tersebut dinyatakan valid.
2.   Data aktivitas guru selama proses pembelajaran diperoleh dengan observasi lalu dicek dengan dokumentasi yang meliputi lembar observasi kinerja guru, foto proses pembelajaran. Apabila melalui pengujian tersebut dihasilkan data yang sama maka data tersebut dinyatakan valid.

2 comments

If some one wishes expert view about running a blog after that
i recommend him/her to pay a visit this website,
Keep up the fastidious job.
My blog :: read this book blog

yeah tanks.. i'll waiting your visit again