Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar


     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar




         Menurut Slameto (2010: 54) ada dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, yaitu faktor intern dan faktor ekstern.
1)      Faktor intern terdiri dari :
a)      Faktor Jasmaniah antara lain, faktor kesehatan, dan cacat tubuh.
b)      Faktor Psikologi yaitu, intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.
c)      Faktor Kelelahan
Faktor kelelahan sangat mempengaruhi hasil belajar, agar siswa dapat belajar dengan baik haruslah menghindari jangan sampai terjadi kelelahan dalam belajarnya. Sehingga perlu diusahakan kondisi yang ebbas dari kelelahan.
2)      Faktor Ekstern terdiri dari :
a)      Faktor Keluarga, seperti cara orang tua mendidik, relasi antar anggota, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan.
b)      Faktor Sekolah, seperti metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah.
c)      Faktor Masyarakat, seperti kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat.    
       Menurut Purwanto (1996: 107), hasil belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor dari dalam diri peserta didik dan faktor yang datang dari luar diri peserta didik.
1)      Faktor dalam yaitu faktor fisiologi yang terdiri dari kondisi fisik dan kondisi panca indera, dan faktor psikiologi yang terdiri dari bakat, minat, kecerdasan, motivasi, dan kemampuan kognitif.
2)      Faktor luar yaitu dari lingkungan baik alam maupun sosial, dan instrumental yang terdiri atas kurikulum/ bahan ajar, guru, sarana dan fasilitas, serta administrasi/ manajemen.
Jadi dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada dua faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, yaitu faktor dari dalam diri peserta didik dan faktor dari luar peserta didik. Faktor dari dalam diri peserta didik berupa kondisi fisik, kondisi panca indera, dan faktor psikiologi yang terdiri dari motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi dan kemampuan kognitif. Faktor dari luar peserta didik yaitu dari lingkungan baik alam, sosial maupun instrumental yang terdiri atas kurikulum/ bahan ajar, guru, sarana dan fasilitas, serta administrasi/ manajemen.

3 Responses to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar"

  1. Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca .... Saya suka mengunjungi blog ini.

    ReplyDelete
  2. iy tnks .. syukur dah brmanfaat^^

    ReplyDelete
  3. yang menurut Slameto itu bukunya apa mas/mbak? bisa dikasihtau judul bukunya? hehe makasih sebelumnya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...