teori belajar behaviourisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme

   Teori Belajar




       Sesuai dengan penjelasan Roberts dalam Lapono (2008: 1-1), jenis teori belajar yang banyak mempengaruhi pemikiran tentang proses pembelajaran dan pendidikan adalah teori behaviourisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanisme.
1)      Teori belajar behaviourisme
Prinsip utama bagi teori ini ialah faktor rangsangan (stimulus), Respon (response) serta penguatan (reinforcement). Teori ini menganggap faktor lingkungan sebagai rangsangan dan respon peserta didik terhadap rangsangan itu ialah responsnya.
2)      Teori belajar kognitivisme
Konsep belajar menurut teori perkembangan kognitif adalah belajar merupakan kegiatan mengasimilasikan dan mengakomodasikan berbagai informasi atau pengetahuan dari lingkungan hingga menjadi suatu skemata atau struktur mental tertentu.
3)      Teori belajar Kontruktivisme
            Konstruktivisime merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam diri manusia. Dalam proses belajar mengajar, guru tidak serta merta memindahkan pengetahuan kepada peserta didik dalam bentuk yang serba sempurna. Peserta didik harus membangun suatu pengetahuan itu berdasarkan pengalamannya masing-masing. Pembelajaran adalah hasil dari usaha peserta didik itu sendiri.
4)      Teori belajar Humanisme
            Kajian konsep dasar belajar dalam teori humanisme didasarkan pada pemikiran bahwa belajar      merupakan kegiatan yang dilakukan seeorang dalam upaya memenuhi kebutuhan seperti, kebutuhan dasar akan kehangatan, penghargaan, penerimaan, pengagungan dan cinta orang lain. Dalam proses pembelajaran, kebutuhan-kebutuhan tersebut perlu diperhatikan agar peserta didik tidak merasa dikecewakan. Apabila peserta didik merasa upaya pemenuhan kebutuhannya terabaikan maka kemungkinan besar di dalam dirinya tidak akan motivasi berprestasi dalam belajarnya.  (http:// blog.bukukita.com/ users/ ermawati/? postId= 6387).

1 Response to "teori belajar behaviourisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme"

  1. makasi atas makalahnya, ini sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...