4 menu home dan search

11 ga otomatis

kosong

kosong


a.      Langkah-langkah Metode Inkuiri

Menurut Piaget di dalam Ida menjelaskan Inkuiri sebagai teknik pengajaran mengandung arti bahwa dalam proses pembelajaran berlangsung pengajar harus dapat mendorong dan memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Adapun langkah-langkah pembelajarannya:
1)      Membina suasana yang responsif diantara siswa.
2)      Mengemukakan permasalahan untuk di inkuiri (ditemukan) melalui cerita, film, gambar, dan sebagianya. Kemudian mengajukan pertanyaan ke arah mencari, merumuskan dan memperjelas permasalahan dari cerita dan gambar.
3)      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, pertanyaan yang diajukan bersifat mencari atau mengajukan informasi atas data tentang masalah tersebut.
4)      Merumuskan hipotesis/ perkiraan yang merupakan jawaban dari peryataan tersebut. Perkiraan jawaban ini akan terlihat tidaknya setelah pengumpulan data dan pembuktian atas data. Siswa mencoba merumuskan hipotesis permasalahan tersebut. Guru membantu dengan pertanyaan-pertanyaan pancingan.
5)      Menguji hipotesis, guru mengajukan petanyaan yang bersifat meminta data untuk pembuktian hipotesis.
6)      Pengambilan kesimpulan perumusan kesimpulan ini dilakukan guru dan siswa (Piaget dalam Ida, 2005: 55).


 Jadi metode inkuiri adalah suatu metode pengajaran yang memberi kesempatan kepada siswa lebih aktif dalam belajar dengan langkah langkah yang sistematis yaitu membina suasana yang responsif, mengemukakan permasalahan dan mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis dan kemudian mengujinya dan yang terakhir pengambilan kesimpulan yang dilakukan oleh siswa dan guru.




Ida. 2005.  Metode Pembelajaran. Jogjakarta: Yappindis.

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

semoga bermanfaat, terimakasih.

 
long life education © 2011. All Rights Reserved. Proudly powered by Blogger
Top