Pengertian Kompetensi Volume Bangun Ruang



Berikut pengertian Kompetensi Volume Bangun Ruang yang pernah dibuat penulis :






a.      Pengertian Kompetensi

Kompeténsi dalam KBBI (2008:743) artinya kewenangan (kekuasaan) untuk menentukan sesuatu. Bila menurut Finch dan Crunkilton (1979: 222) 
dalam (http://arisandi.com/pengertian-kompetensi-dalam-ktsp/) mengartikan bahwa kompetensi sebagai penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap, dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang  keberhasilan.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi adalah suatu kecakapan baik dalam menyikapi atau memberi suatu tindakan dalam menentukan dan menangani penyelesaian tugas seseorang supaya berhasil.


b.      Pengertian Volume Bangun Ruang
Muchtar A. Karim dalam materi pokok pendidikan  Matematika   II;     1 - 9; (PGSD: 2401) Volume bangun ruang adalah ukuran yang menyatakan kapasitas ruangan yang ditempati oleh bangun ruang tersebut. Selama berabad - abad para ahli Matematika  sudah menemukan banyak cara untuk mengelompokkan bangun ruang, yaitu sebuah bangun yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. 

Contoh ada suatu kubus, maka volume dari kubus itu sama dengan kuantitas dari ruangan yang ditempati oleh kubus itu sendiri. Juga dapat dinyatakan apabila diketahui suatu bangun ruang yang yang berongga (sisi dari benda ruang itu sangat tipis sehingga bisa diabaikan), maka volume dari benda ruang dapat dinyatakan sebagai ukuran yang menyatakan banyaknya tepung atau cairan yang memenuhi rongga bangun ruang tersebut.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa     kompetensi volume bangun ruang adalah  kewenangan untuk menentukan suati isi dari bangun ruang.