Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar


 

 

a.       Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

 

Menurut Slameto (2010:54) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ada dua macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
1)      Faktor Intern adalah faktor yang ada dalam individu yang sedang belajar seperti:
a)      Faktor Jasmaniah, meliputi :

(1)   Faktor kesehatan
Proses belajar seseorang akan terganggu jika kesehatan orangterganggu, selain itu juga akan cepat lelah, kurang bersemangat, mudah pusing, mengantuk, kurang darah atau gangguan fungsi alat indera. 
(2)   Cacat tubuh
Cacat tubuh ini dapat berupa buta, tuli, patah kaki dan patah tangan. 
b)      Faktor Psikologis, meliputi :
(1)   Intelegensi
Siswa yang mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi akan lebih berhasil daripada yang mempunyai tingkat intelegensi yang rendah. Siswayang mempunyai intelegensi tinggi dapat berhasil dengan baik dalambelajarnya dikarenakan belajar dengan menerapkan metode belajar yangefisien. Sedangkan yang mempunyai intelegensi rendah perlu mendapatkan pendidikan khusus. 
(2)   Perhatian
Perhatian menurut Ghazali yang dikutip oleh Slameto (2010:56)adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi, jiwa itu pun semata-mata tertujukepada suatu obyek benda/hal atau sekumpulan obyek. Untuk dapat menjaminhasil belajar yang baik maka siswa harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya.
(3)   Minat
Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan danmengenang beberapa kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar.Bahan pelajaran yang menarik minat siswa, lebih mudah dipelajari dandisimpan karena minat menambah kegiatan belajar.
(4)   Bakat
Bakat adalah kemampuan untuk belajar. Kemampuan itu baru akanterealisasi menjadi kecakapan yang nyata sesudah belajar atau berlatih.
(5)   Motivasi
Seseorang akan berhasil dalam belajarnya bila mempunyai penggerak atau pendorong untuk mencapai tujuan. Penggerak atau pendorong inilah yangdisebut dengan motivasi.
(6)   Kematangan
Kematangan adalah suatu tingkat atau fase dalam pertumbuhanseseorang, di mana alat-alat tubuhnya sudah siap untuk melaksanakankecakapan baru. Belajar akan berhasil bila anak sudah siap (matang).
(7)   Kesiapan
Kesiapan adalah kesediaan untuk memberikan respon atau bereaksi.Kesiapan ini perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar karena jikasiswa sudah memiliki kesiapan dalam belajar maka hasil belajarnya akan lebih baik.
c)      Faktor Kelelahan
Kelelahan dibedakan menjadi dua macam yaitu kelelahan jasmani dankelelahan rohani. Kelelahan jasmani terlihat dengan lemah lunglai, sedangkankelelahan rohani terlihat dengan kelesuan dan kebosanan. 
2)      Faktor Ekstern
a)      Keadaan keluarga
Keluarga merupakan lingkungan utama dalam proses belajar. Keadaan yangada dalam keluarga mempunyai pengaruh yang besar dalam pencapaian prestasi belajar misalnya cara orang tua mendidik, relasi anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua. 
b)      Keadaan sekolah
Lingkungan sekolah adalah lingkungan di mana siswa belajar secara sistematis. Kondisi ini meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, metode belajar danfasilitas yang mendukung lainnya.
c)      Keadaan masyarakat
Siswa akan mudah kena pengaruh lingkungan masyarakat karenakeberadaannya dalam lingkungan tersebut. Kegiatan dalam masyarakat,massmedia,teman bergaul, lingkungan tetangga merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhisiswa sehingga perlu diusahakan lingkungan yang positif untuk mendukung belajar siswa.
Dari berbagai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa maka peneliti mengkaji motivasi belajar dan metode pembelajaran.


Rujukan :



Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.