Ciri-ciri Model Pembelajaran Kooperatif



Pembelajaran kooperatif yaitu sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain dalam tugas-tugas yang terstruktur.
Anita Lie dalam Isjoni (2009: 16)
Pada dasarnya cooperative learning mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih di mana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.

Dalam pembelajaran cooperative learning tidak sama dengan sekedar belajar dalam kelompok. Ada unsur-unsur dasar pembelajaran cooperative learning yang membedakannya dengan pembagian-pembagian kelompok yang dilakukan asal-asalan. Hal ini senada dengan Roger dan David Johnson dalam Anita Lie (2002: 31) mengatakan bahwa “Tidak semua kerja kelompok bisa dianggap cooperative learning”. Pelaksanaan prosedur model pembelajaran kooperatif dengan benar akan memungkinkan guru mengelola kelas lebih efektif.


Menurut Anita Lie dalam Sugiyanto (2009: 40) pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat beberapa elemen yang saling terkait, elemen-elemen tersebut antara lain:  a) Saling ketergantungan positif; b) Interaksi tatap muka; c) Akuntabilitas Individual; d) Keterampilan menjalin hubungan antar pribadi.

Berdasarkan elemen-elemen dalam model pembelajaran kooperatif tersebut diharapkan para siswa memiliki persepsi bahwa mereka harus bersama-sama, memiliki tanggung jawab diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi, berpandangan bahwa mereka semuanya memiliki tujuan yang sama, membagi tugas dan berbagi tanggung jawab sama besarnya diantara anggota kelompok, berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh keterampilan bekerja sama selama belajar, serta mempertanggungjawabkan secara individu materi yang dipelajari.


DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif.  Yogjakarta: Pustaka Pelajar.