Hakikat Model Pembelajaran



Menurut  Suprijono (2009: 46) mengemukakan bahwa “Model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial”.
 Menurut Wirotaputra dalam Sugiyanto (2009: 3) Model Pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai suatu pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Ada banyak model atau strategi pembelajaran yang dikembangkan dalam usaha mengoptimalkan hasil belajar siswa. Diantaranya adalah: Model Pembelajaran Kontekstual, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Quantum, Model Pembelajaran Terpadu. Banyaknya model atau strategi pembelajaran yang dikembangkan tidaklah berarti semua pengajar menerapkan semuanya untuk setiap mata pelajaran karena tidak semua model cocok untuk setiap topik atau mata pelajaran.
Menurut Sugiyanto (2009: 3) “Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih model atau strategi pembelajaran, yaitu:    (1) Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai; (2) Materi ajar; (3) Kondisi siswa; (4) Ketersediaan sarana prasarana belajar.
Menurut Sanjaya dalam Sugiyanto (2009: 3) menjelaskan ada 8 prinsip dalam memilih strategi pembelajaran: (1) Berorientasi pada tujuan;    (2) Mendorong aktivitas siswa; (3) Memperhatikan aspek individual siswa; (4) Menantang siswa untuk berfikir; (5) Menimbulkan inspirasi siswa untuk berbuat dan menguji (6) Menimbulkan proses belajar yang menyenangkan; (7) Mampu memotivasi siswa belajar lebih lanjut;      (8) Mendorong proses interaksi.


Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu cara efektif yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Daftar Pustaka

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif.  Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Agus Suprijono.  2009. Cooperative Learning.  Yogjakarta:  Pustaka Pelajar.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.




0 Response to "Hakikat Model Pembelajaran"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...