Pengertian Modul

Pengertian Modul



Istiqomah Wahyu Pradana, M.Pd.

Apa itu modul? Modul sama saja bahan ajar.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar (Depdiknas, 2008). Bahan ajar dapat diartikan sebagai bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara lengkap dan sistematis berdasarkan prinsip pembelajaran yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang bersifat sistematis artinya disusun secara urut sehingga memudahkan siswa untuk belajar dan juga bersifat spesifik karena isi bahan ajar dirancang untuk mencapai kompetensi tertentu (Sungkono, 2003).
Modul ajar merupakan paket belajar mandiri meliputi serangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan dirancang secara sistematis untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar (Mulyasa, 2006). Modul ajar menyajikan kegiatan yang melibatkan pengalaman belajar siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tercapai tujuan belajar yang efektif dan efisien. Modul juga salah satu jenis bahan ajar yang berdiri sendiri dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar yang dirumuskan secara khusus dan jelas (Nasution, 2011).
Modul disimpulkan menjadi paket belajar yang berisi serangkaian kegiatan belajar yang disusun agar siswa dapat mencapai tujuan belajarnya  Modul berdasarkan pengertiannya memiliki empat ciri diantaranya yaitu: 1) modul merupakan unit bahan ajar yang dirancang secara khusus sehingga dapat dipelajari siswa secara mandiri; 2) modul merupakan program pembelajaran yang utuh disusun secara sistematis mengacu pada tujuan atau kompetensi yang jelas dan terstruktur; 3) modul membuat tujuan pembelajaran, bahan dan kegiatan untuk mencapai tujuan serta alat evaluasinya; 4) modul merupakan bahan ajar mandiri yang dapat mengatasi kesulitan belajar siswa ketika di kelas (Sukiman, 2012).


                              Daftar Pustaka

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta : PMPTK
Sungkono. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedajogja



Adapun beberapa hal lain tentang modul  klik salah satu :