Tahun Ajaran Baru Bersiaplah Berprestasi Seperti Mereka


1. Muhammad Thoyib Raih Juara Lomba Robot OKI 2017 di Malaysia


Pada tanggal 23 s.d. 24 Mei 2017 Muhammad Thoyib telah berhasil mengharumkan nama bangsa, dengan berhasil menjadi juara (champion) lomba robot The OIC Battle Sumorobot
 oleh Kementerian Belia dan Sukan Malaysia . Saat babak final Thoyib bersaing dengan 7 finalis dan akhirnya berhasil memenangkan dan  berhak mendapatkan champion dengan medali emas dan sertifikat juara.

Thoyib mengatakan bahwa kemenangan ini untuk seluruh pemuda muslim di Indonesia agar terus memotivasi dirinya sendiri untuk lebih berprestasi dalam bidangnya masing-masing di tingkat nasional maupun  internasional. “Saya merasa senang bisa menjadi pemenang dalam lomba ini, semoga hal ini dapat memotivasi pemuda muslim di Indonesia untuk terus berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Ajang ini yang merupakan bagian dari kegiatan dukungan Putrajaya menjadi Ibukota Pemuda Organisasi Kerjasama Islam (Organization of Islamic Cooperation/OIC Youth Capital) 2017, yang diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari 10 negara anggota OKI, yakni Afganistan, Bangladesh, Mauritania, Turki, Maroko, Nigeria, Pakistan, Arab Saudi, Indonesia, dan tuan rumah Malaysia.


 Sumber: kemenpora.go.id (24/05/17)





2. Aditya Bagus Arfan Memenangkan Medali Emas pada Kejuaraan Catur Asean di Thailand



Anak muda kelahiran tahun 2006 ini menorehkan prestasi yang membanggakan di tahun 2016 lalu dengan berhasil meraih medali emas kejuaraan catur Asean kategori U-10 di Thailand pada bulan Juni 2016.
Selain itu dia  juga berhasil menjadi 5 pecatur terbaik kejuaraan catur Internasional di Malaysia pada Desember 2016 yang lalu. Prestasi yang ia telah ia peroleh sejauh ini akan menjadikan ia harapan baru masyarakat terhadap atlet muda Indonesia di masa yang akan datang.

Sumber : indonesiaproud



3. Joey Alexander, Pianis Cilik Berbakat


Pianis cilik asal Indonesia yang berbakat, Joey Alexander Sila, telah berhasil menorehkan prestasi  di skala Internasional. Meskipun masih berusia 10 tahun, bocah cilik ini sudah mahir memainkan tuts piano dengan indah. Ia berhasil meraih “Grand Prix 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation Skill” yang diselenggarakan pada 5-8 Juni 2013 di Odessa, Ukraina. Pada festival musik Jazz itu, Joey adalah peserta termuda, dan dia berhasil mengalahkan 43 peserta dari berbagai dunia.

sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/












4. Giovani Biga Reka Bagaskara  meraih juara 2 kategori solo biola/violin E di ajang 6th Stockholm International Music Competition (SIMC VI)  di Stockholm, Swedia




Violinis muda Indonesia Giovani Biga Reka Bagaskara menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih juara 2 kategori solo biola/violin E di ajang 6th Stockholm International Music Competition (SIMC VI) yang berlangsung pada 25-28 Mei 2017 di Stockholm, Swedia.

Giovani adalah salah satu violinis muda yang aktif mewarnai kehidupan musik di Jakarta lewat pertunjukan solo maupun orkestra sejak usia sekolah dasar. Ia pun di waktu sekolah menengah atas telah terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam orkestra prestisius Asian Youth Orchestra yang mengumpulkan talenta musik luar biasa di negara-negara Asia.

Selain itu prestasi internasional lainnya yang pernah diraih adalah saat berduet dengan Theduardo Prasetyo (gitar) di bawah nama “Duo Schoko,”  berhasil menjadi salah satu dari empat finalis International Chamber Music Competition of Arnuero di Taman Nasional Ecoparque Trasmiera Spanyol. Giovani berhasil meraih predikat Instrumentalis Terbaik pada kompetisi terkemuka kategori Musik Kamar untuk grup musik sastra dari duo sampai quintet yang berlangsung di Spanyol pada 18-20 Maret 2016 lalu tersebut.


Sumber: musicalprom.com (26/05/17), femina.co.id (22/03/16)


Masih banyak lagi yang dapat kita jadikan inspirasi untuk berprestasi di tahun ajaran baru mendatang. Semangat dan salam edukasi.