Cara Mudah Membuat Kliping Ide Dari Kertas

Cara Mudan Membuat Kliping Tugas Sekolah - Salam kliping, baik kali ini akan saya postingkan yang sekian lama tidak posting, yaitu tentang membuat kliping. Banyak sekali kemaren tugas anak - anak sekolah membuat sebuah kliping yang biasanya banyak diambil dari potongan majalah buku maupun koran.

Nah dari situlah kita banyak mengabil berbagai ide yang menarik, yang nantinya bisa kita manfaatkan sebagai ide membuat kliping.
Cara Mudah Membuat Kliping Ide Dari Kertas
Cara Mudah Membuat Kliping Ide Dari Kertas

Apa saja sih konsep atau ide kliping?
ada banyak kok, konsep apa yang ingin dibuat? contoh

  1. - Kliping tentang alam (kliping yang kita ambil dari sebagian besar kejadian alam, bencana, go green, sosial alam dan banyak 
  2. sebagainya di koran dan majalah)
  3. - Kliping tentang Teknologi (ini banyak banget kita jumpai di internet sob, baik kliping komputer, tema alat elektonik, mekanik dan banyak yang lain).
  4. - Kliping tentang Anti Narkoba (atau biasanya ini bentuk warning atau peringatan, yang binyak kita jumpai seperti contoh no smoking, narkoba no prestasi ye, dan bnyak lagi keliping yang tentang paringatan)
  5. - Kiping tentang daerah (nah ini ni yang biasanya banyak yang dikasih guru untuk tugas membuat kliping, biasanya tentang adat daerah baju, rumah, rutinitas adat dan lain lain)
  6. - Kliping tentang agama (nah ini biasanya menjelang hari besar agama, biasanya keliping tentang puasa, zakat dan lain tentang agama khususnya islam, untuk agama lain mungkin juga banyak membuat kliping.
  7. - Kliping gambar ( ini biasanya cukup susah, biasanya anak sma yang dapat tugas kayak gini ni, membuat kliping dengan kreasi tangannya sendiri, gambar dengan diwarnai.


Nah mengkin itu beberapa konsep / ide kliping yang umum orang gunakan untuk membuat tugas kliping. untuk langkah selanjutnya yaitu susunan atau penataan bentuk klipinng.

sesuai naluri memang kliping bisanya dibuat seusai dengan urutan narasi atau cerita. mulai deri pembukaan judul / title hingga penutupan. dan ditengahnya dikasih konsten atau isi pokok dari kliping itu.

saya kasih contoh kliping tentang bencana alam (kliping atau gambar bisa kita cari dari koran, majalah, atau buku bukas mapun internet yang isinya tentang bencanra) bahan dan langkah yaitu :

  1. Cari gambar yang inti , maksunya cari gambar seperti gambar bencana gempa jika tema anda bencana, intinya dahulu.
  2. Jika sudah membuat deskripsi sedikit tentang tema kliping yang akan digunakana, contonyah bencana ini terjadi di sini jam segini dan korban dkk)
  3. Nah jika sudah sekarang mencari idenya, ide yang tepat adalah dari sebuah title / judul kliping. nah ini judul bencana makan ide yang tepat adalah penyebab dari bencana itu sendiri, misal bencana banjir berarti memuat gambar gambar yang dapat menyebabkan banjir.
  4. Jika sudah susun dari awal hingga akhir, dari judul kliping, isi kliping, dan penutup kliping.
  5. Agar lebih bagus silahkan dikasih saran dan himbauan , agar kliping terkesan ada pesan yang ingin disampainkan.


oke itulah cara yang mudah untuk membuat sebuah kliping dengan banyak ide. untuk selanjutnya akan saya bahas lagi tentang cara membuat kerajinan kipas dari kertas.