Macam-Macam Teknik Membatik

Macam-Macam Teknik Membatik 


1. Membatik dengan Canting Tulis2. Membatik dengan Teknik Cap
3. Membatik dengan Teknik Celup Ikat
4. Membatik dengan Teknik Coletan
5. Membatik dengan Teknik Printing






Membatik dengan canting tulis


Canting digunakan untuk menciptakan batik tulis, canting yaitu alat yang terbuat dari tembaga yang berbentuk ibarat corong, gunanya untuk menorehkan lilin ke kain batik sesuai contoh yang sudah dibuat. Setelah itu, kain dicelupkan ke larutan pewarna. Nah, bab yang tertupi lilin/malam akan
membentuk polanya. Batik yang dibentuk dengan teknik ini harganya sangat mahal, mengapa? Karena pembuatannya masih tradisional, susah untuk dibuat, dan butuh waktu lama. Saya pernah mencobanya waktu Sekolah Menengah Pertama dan memang benar kalau membatik tulis memakan waktu usang dan butuh kejelian dalam membuatnya.

membatik dengan canting tulis





Membatik dengan teknik cap


Sesuai namanya, cap menggantikan canting. Kelebihan dari batik cap yaitu bentuknya rapi, pembuatannya cepat, sedangkan kelemahannya yaitu biasanya batik cap hanya satu sisi kain saja yang motifnya muncul, beda dengan batik tulis yang dikedua sisi kain motifnya muncul. Canting cap biasanya berbentuk serpihan plat atau logam berbentuk gambar yang menonjol. Cap akan meninggalkan motif yang disebut klise, jikalau ditanya harga maka batik ini cocok untuk semua orang alasannya yaitu harganya terjangkau.







Membatik dengan teknik celup ikat


Teknik yang ini agak berbeda, mengapa? Karena tidak menggunakan lilin, caranya yaitu kain diberi kelereng kemudian diikat dengan rafia atau karet sekencang-kencangnya, nah kelereng diletakkan sesuai pola, kemudian celupkan kain. Setelah kering, buka ikatan dan terbentuklah contoh bulat putih. 







Membatik dengan teknik coletan


Kalau teknik ini saya yakin banyak yang dapat melakukannya, alasannya yaitu batik dibentuk dengan cara dilukis sesuai contoh menggunakan kuas, sehingga tidak menghasilkan klise. Kuas yaitu alat yang berbentuk ibarat sapu dalam ukuran mini, untuk mengusapkan warna ke atas kertas, besi, tembok, dll. Makara teknik membatik coletan dapat disebut juga dengan melukis batik.














Membatik dengan teknik printing


Semakin modern zaman kita, makin modern pula alat-alatnya. Ya, kini banyak batik yang dibentuk dengan teknik printing atau dicetak. Biasanya batik ini dibentuk di pabrik testil untuk menghasilkan jumlah yang banyak namun dalam waktu singkat. Batik printing sering dibentuk di Cina, sehingga Cina pun menciptakan tren yaitu batik Cina dengan teknik printing, yang kainnya berwarna cerah dan mencolok serta berkesan tak gampang luntur, dan murah harganya.





0 Response to "Macam-Macam Teknik Membatik"